K13 : Soal Dan Balasan Up Ppg I Kompetensi Kepribadian Dan Sosial




PENTING !!!

Ingat bahwa soal kepribadian dan sosial dalam Uji Pengetahuan (UP) PPG tidak ada yang bernilai NOL

Tiap pilihan mempunyai bobot masing-masing, mulai dari nilai bobot 1 hingga 5.

Tujuannya untuk mengukur apakah anda pribadi yang unggul atau pribadi yang abal-abal, jadi upayakan berlatih supaya anda sanggup jeli melihat tanggapan yang mempunyai bobot 5, supaya nilai anda bisa maksimal nantinya

Lihat juga: 7 Tips lulus UP UKM PPG 2019 tidak remedi

Petunjuk :

Pilihlah satu pernyataan yang paling sesuai dengan diri anda.

1.     Apabila seseorang menentukan menjadi insan beriman pada Tuhan, maka berdasarkan Anda perilaku mental menyerupai apa yang paling penting dimilikinya ?

a.      Mempercayai dengan sepenuhnya bahwa setiap tindakan insan berada dalam pengawasan dan pemeliharaan Tuhan

b.     Memiliki pilihan moral yang baik di ketika punya peluang besar mendapatkan laba duniawi namun dihadapkan pada tuntutan beribadah.

c.      Amanah dengan pekerjaan alasannya yaitu meyakini bekerja sebagai ibadah.

d.      Rendah hati dan senantiasa bersyukur.

e.      Terbuka untuk mempelajari pengetahuan ihwal agama dan keyakinannya.


2.     Komitmen pribadi dalam berketuhanan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan Anda lebih banyak diwujudkan dengan ….

a.       Melakukan kerja bakti atau bakti sosial.

b.      Peduli dan mempunyai keinginan menolong sesama

c.       Mendukung kegiatan keagamaan.

d.      Mengawali hari dengan berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa.

e.      Berbaik sangka pada orang lain.


3.     Berdasarkan pengalaman Anda sebelumnya, metode manakah yang paling sesuai untuk meningkatkan kepekaan penerima didik terhadap tata nilai dalam masyarakat multikultural ?

A. Widyawisata.

B. Tugas terstruktur.

C. Bermain peran.

D. Diskusi kelompok.

E. Simulasi.


4.     Pernyataan yang paling sempurna menggambarkan keyakinan Anda yang gotong royong ihwal kiprah keguruan yaitu ….

a.       Menampilkan antusiasme dan semangat.

b.      Posisi strategis guru sebagai pengelola mutu pendidikan penerima didik.

c.       Merencanakan seni manajemen pengajaran yang meningkatkan minat berguru penerima didik.

d.      Bekerjasama dengan komunitas profesional lain dalam menunjang keberhasilan belajar.

e.      Membina hubungan positif dengan penerima didik.


5.       Ketika bekerja bersama dengan rekan sesama guru, Anda akan ….

a.       Kerelaan untuk mengemukakan diri secara terbuka.

b.      Menyediakan waktu membantu kelancaran kiprah bersama dengan sesama guru.

c.       Mengharapkan pengertian dari sesama rekan guru.

d.      Menyampaikan wangsit atau gagasan, secara terang dan sistematis.

e.      Mampu menanggapi kritik dan berusaha memahaminya.


6.     Pada sebuah pertemuan dengan orangtua untuk melaporkan kemajuan berguru penerima didik, tindakan pertama mana yang Anda pilih ?

a.     Memaparkan hal positif dari kemampuan dan minat penerima didik, supaya orangtua tergerak berbicara ihwal anaknya lebih lanjut.

b.    Mengamati kondisi penerima didik dan orangtuanya untuk perbandingan antara respon penerima didik di rumah dan di sekolah.

c.       Menyerahkan buku laporan kemajuan penerima didik.

d.      Mencatat gosip dan kehadiran orangtua.

e.      Mendengar tuntutan dan kritik orangtua.


7.       Bekerja sistematis berdasarkan Anda yang utama yaitu ketika ….

a.       Bekerja berdasarkan intuisi.

b.      Bekerja sesuai mekanisme dan dengan sasaran fleksibel.

c.       Bekerja sedikit demi sedikit sesuai planning memperoleh capaian proses pembelajaran yang lebih baik.

d.      Bekerja keras dengan sungguh sungguh meski dalam kondisi penuh tekanan.

e.      Bekerja sesuai rutinitas.


8.     Sebagai seorang guru dengan penerima didik yang mempunyai permasalahan berbeda-beda, tentu Anda mempunyai cara tersendiri menghadapinya. Pilihan di bawah ini yang paling sesuai mewakili tindakan Anda terkait hal tersebut yaitu ….

a.      Mendengarkan keluhan dan melayani kebutuhan serta minat masing masing penerima didik.

b.      Menyampaikan materi pelajaran yang dikaitkan dengan kegunaannya di kehidupan nyata.

c.       Memberikan pengarahan dengan terang dan dimengerti oleh masing masing penerima didik.

d.      Menggunakan pendekatan pengajaran yang lebih problematik sehingga penerima didik terdorong untuk berfikir.

e.      Menunjukkan toleransi yang sama kepada semua penerima didik.


9.       Seorang penerima didik yang Anda kenal tengah menghadapi kasus keluarga yang berat, dan nilai-nilai pelajaran yang diperoleh menjadi menurun, maka pertama Anda akan mengambil langkah ....

a.       Memberikan kesempatan pada penerima didik tersebut untuk perbaikan nilai.

b.      Mengajak penerima didik berbicara dari hati ke hati ihwal kondisi tersebut.

c.       Cukup menyapa hangat ketika istirahat sekolah.

d.      Meminta kepada teman-temannya untuk tetap mengajak bercanda dan berinteraksi menyerupai biasa.

e.      Memberi teguran keras alasannya yaitu prestasi belajarnya menurun.


10.   Tindakan mana yang Anda pilih ketika ada seorang penerima didik Anda mengalami kemalangan ?

a.       Menemuinya dan berusaha mengetahui bagaimana perasaannya, dan memberi dukungan atas kebutuhan atau keinginannya ketika itu.

b.      Memberinya sumbangan dana.

c.       Berbagi dongeng dengannya ihwal perasaannya ketika itu.

d.      Menyampaikan ucapan turut prihatin kepadanya secara langsung.

e.      Meminta teman-temannya saja untuk menggantikan Anda tiba menemuinya


11.   Saat ini anda gres tiga bulan bekerja sebagai guru pengganti mata pelajaran matematika yang mengajar sebanyak 5 kelas sehingga acara mengajar menjadi padat serta ditambah kiprah non akademik. Beberapa penerima didik merasa kesulitan sehingga nilai ulangannya rendah. Apa yang akan anda lakukan dalam menghadapi situasi tersebut ?

a.       Memberikan pelajaran komplemen di luar jam berguru mengajar bagi penerima didik yang mendapat nilai rendah meskipun sibuk alasannya yaitu sudah menjadi tanggung jawab aku.

b.      Meminta sumbangan pada penerima didik llain yang lebih pintar untuk mengajari.

c.       Meminta beberapa penerima didik tersebut mengikuti les pelajaran diluar sekolah.

d.      Menganjurkan penerima didik yang mendapat nilai rendah untuk berguru kelompok alasannya yaitu anda sibuk dengan kiprah non akademik di sekolah.

e.      Menegur penerima didik tersebut supaya mereka berguru lebih rajin dengan tujuan mereka menjadi sadar.


12.   Jika anda melihat kurangnya kemudahan ruang laboratorium serta peralatan untuk praktikum yang kurang lengkap. Sebagai guru, apa yang akan anda lakukan ?

a.       Berinisiatif untuk mengajak penerima didik melaksanakan praktikum dengan laboratorium alam bebas atau di luar ruangan dengan memanfaatkan kejadian-kejadian yang sifatnya alamiah.

b.      Berupaya untuk mengkomunikasikan terbatasnya kemudahan kepada pihak sekolah, dan memperlihatkan solusi untuk mengatasinya.

c.       Menciptakan laboratorium temporary dengan cara meminjam kelas lain yang kosong untuk dijadikan sebagai ruang laboratorium sementara hingga ada solusi untuk menjawab dilema tersebut.

d.      Berupaya mengoptimal apa yang sudah ada disekolah secara maksimal.

e.      Menyerahkan segala permasalahan tersebut untuk diselesaikan sendiri oleh pihak sekolah.


13.   Saat ini anda yaitu seorang guru yang sedang ijin berguru untuk studi S2. Pada suatu ketika Anda dihadapkan dengan kiprah kuliah yang menumpuk dan waktu pengumpulannya mendesak, tapi di sisi lain Anda juga harus mempersiapkan materi yang akan disampaikan ketika mengajar. Apa yang anda lakukan ?

a.       Saya akan mempersiapkan materi mengajar dengan sebaik-baiknya terlebih dahulu supaya penerima didik sanggup memahami pelajaran selanjutnya saya akan mengerjakan kiprah kuliah.

b.      Saya akan memperlihatkan penugasan sanggup bangun diatas kaki sendiri kepada penerima didik alasannya yaitu kiprah kuliah mendesak untuk dikerjakan.

c.       Saya akan berusaha menjalankan kedua kegiatan saya dengan melaksanakan manajemen waktu dengan baik dan yang menjadi prioritas yaitu mengajar.

d.      Saya akan menuntaskan kiprah kuliah terlebih dahulu dimalam hari dan selanjutnya sebelum kelas dimulai saya akan mempersiapkan materi untuk mengajar.

e.      Saya akan mencari alasan untuk tidak masuk mengajar untuk sanggup menuntaskan kiprah kuliah.


14.   Anda diterima sebagai guru di Sekolah Menengan Atas swasta yang ada di Surabaya sedangkan daerah tinggal Anda di kota lain yang membutuhkan waktu tempuh 2 jam untuk hingga di sekolah. Anda mengajar di sekolah tersebut selama enam hari kerja. Selain itu anda juga diminta pihak sekolah untuk mengerjakan kiprah manajemen diluar jam kerja. Apa yang akan anda lakukan ?

a.       Sementara saya akan bertahan sambil mencari lowongan kerja di akrab rumah.

b.      Saya akan tetap menjalankan kiprah saya sebagai guru dengan sebaik-baiknya meskipun daerah mengajar jauh dan banyak kiprah komplemen yang harus diselesaikan.

c.       Saya sering merasa kelelahan dengan jarak tempuh rumah yang terlalu jauh dengan sekolah.

d.      Saya merasa terpaksa bekerja dengan jarak tempuh yang jauh, hal ini dikarenakan faktor ekonomi saja.

e.      Saya akan tetap bertahan menjadi guru disekolah tersebut dengan meminta keringanan tidak diberi kiprah komplemen diluar jam mengajar alasannya yaitu rumah terlalu jauh.


15.   Anda yaitu guru yang mendapatkan kiprah dari Kepala satuan pendidikan untuk melaksanakan sebuah penelitian yang berkaitan dengan metode pembelajaran untuk penerima didik supaya sanggup meningkatkan efektivitas sistem pembelajaran di satuan pendidikan. Namun, sekolah tidak mempunyai dana untuk mengadakan penelitian tersebut. Bagaimana anda menyikapi dilema tersebut ?

a.       Saya akan mengajukan prosopal penelitian saya pada penelitian yang diselenggarakan Pemerintah supaya mendapatkan sumbangan dana sehingga bisa menuntaskan penelitian secara optimal.

b.      Saya akan tetap melaksanakan kiprah penelitian tersebut hingga tuntas dengan memanfaatkan kemudahan yang ada secara optimal dan tidak akan menyurutkan semangat saya dalam memperlihatkan hasil yang terbaik.

c.       Saya akan menolak secara halus kiprah yang diberikan Kepala satuan pendidikan apabila saya merasa kurang siap dalam menyelesaikannya.

d.      Saya merasa kurang tertarik dengan kiprah yang diberikan Kepala satuan pendidikan apabila kurang mendapatkan dukungan dana yang dibutuhkan.

e.      Saya akan meminta sumbangan dari rekan guru yang lain untuk menuntaskan penelitian aku.


16.   Seorang guru di daerah anda mengajar memperlihatkan ketidakpedulian pada semua penerima didiknya. Guru tersebut hanya tiba ketika mengajar dan tidak berkenan membimbing penerima didik yang mengalami kesulitan pelajaran. Sebagai sobat sejawat sesame guru apa yang akan anda lakukan ?

a.       Saya akan mengajukan usulan kepada kepala sekolah supaya memperlihatkan teguran pada guru tersebut.

b.      Saya akan melaksanakan pendekatan secara persuasif pada guru tersebut supaya mau membimbing penerima didiknya yang menalami kesulitan dalam pelajaran.

c.       Saya akan mengajukan saran kepada kepala sekolah supaya mengevaluasi kinerja guru setiap bulan sehingga diperlukan sanggup memperbaiki kekurangan guru dalam melaksanakan tugasnya.

d.      Saya akan membisu saja alasannya yaitu hal ini bukan merupakan tanggung jawab aku.

e.      Saya akan meminta sobat terdekat dari guru tersebut untuk memberikan nasehat supaya berkenan untuk membimbing penerima didiknya.


17.   satuan pendidikan daerah anda bekerja memperlihatkan seragam gres untuk semua guru. Seragam tersebut motifnya manis akan tetapi berbahan tebal dan panas sehingga menciptakan yang menggunakan tidak merasa nyaman. Teman sejawat banyak yang enggan memakainya dan ada juga yang melaksanakan protes terhadap kebijakan menggunakan seragam kerja. Apa yang akan anda lakukan ?

a.       Mengikuti sobat sejawat yang tidak mau menggunakan seragam kerja.

b.      Melakukan protes terhadap kebijakan keharusan menggunakan seragam kerja.

c.       Mengikuti hukum yang telah ditetapkan dengan menggunakan seragam kerja yang sudah diberikan.

d.      Memilih pasif dalam menghadapi situasi yang terjadi.

e.      Membeli motif yang sama akan tetapi menentukan materi yang lebih baik untuk dijahitkan sendiri supaya tetap kelihatan menggunakan seragam yang sama.


18.   Anda yaitu guru yang bekerja di Sekolah Menengah Pertama Swasta di Surabaya. Pada suatu hari anda mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik dengan honor yang lebih besar dibandingkan profesi anda ketika ini sebagai Guru. Apa yang akan anda lakukan ?

a.       Saya akan tetap menentukan pekerjaan sebagai guru meskipun dengan kesejahteraan yang lebih kecil dibandingkan dengan pekerjaan lain alasannya yaitu menjadi guru sudah menjadi cita-cita.

b.      Saya akan tetap menentukan pekerjaan sebagai guru meskipun suatu ketika nanti saya ingin pindah ke sekolah lain yang lebih tinggi tingkat kesejahteraannya.

c.       Saya akan menolak tawaran pekerjaan tersebut ketika ini, namun saya mau membuka diri untuk menerimanya di kemudian hari.

d.      Saya akan mendapatkan tawaran tersebut tidak berpikir panjang dan segera mengundurkan diri secara baik-baik di sekolah daerah saya mengajar.

e.      Saya akan mempertimbangkan tawaran pekerjaan tersebut demi masa depan yang lebih baik.


19.   Anda yaitu guru yang mengajar di SMA. Beberapa penerima didik anda mempunyai talenta melukis. Anda ditugaskan sekolah untuk menentukan salah satu penerima didik untuk mewakili sekolah dalam mengikuti lomba melukis antar sekolah. Ada tiga penerima didik yang anda kenal akrab dan baik dibandingkan penerima didik lainnya. Apa yang akan anda lakukan untuk menentukan pilihannnya ?

a.       Saat menentukan perwakilan saya akan melibatkan guru kesenian dan kepala sekolah supaya terjadi obyektivitas dalam menentukan pilihan.

b.      Saya akan mengadakan lomba melukis antar penerima didik dalam sekolah dengan tim penilai guru kesenian dan kepala sekolah. Selanjutnya penerima didik yang memenangkan lomba yang berhak mewakili sekolah.

c.       Saya akan meminta penerima didik menyerahkan hasil karyanya yang dibentuk dirumah untuk dinilai oleh guru kesenian. Selanjutnya yang terbaik akan mewakili sekolah mengikuti lomba.

d.      Saya akan menentukan penerima didik yang gampang dihubungi.

e.      Saya akan menentukan penerima didik yang mewakili sekolah berdasarkan kedekatan saya secara pribadi.


20.   Salah satu persyaratan untuk menjadi guru yaitu mempunyai kompetensi akademik S1 atau D4. Seorang guru sobat sejawat anda di sebuah Sekolah Menengan Atas Swasta di Surabaya tidak mempunyai salah satu perakuratan wajib yang diharuskan undang-undang tetapi sudah aktif mengajar. Apa yang akan anda lakukan ?

a.       Saya akan melaksanakan pendekatan secara persuasif kepada guru tersebut, dan memperlihatkan gosip berkaitan dengan persyaratan tersebut serta membantunya dalam mencapai persyaratan.

b.      Saya akan memperlihatkan usulan kepada kepala sekolah supaya mengidentifikasi setiap guru yang belum memenuhi persyaratan wajib seorang guru, kemudian memperlihatkan dukungan supaya mencapai persyaratan tersebut.

c.       Saya akan mencarikan gosip untuk guru berkaitan dengan program-program pemerintah yang sanggup membantu guru yang belum memenuhi persyaratan wajib sebagai guru.

d.      Saya akan melaporkan guru yang bersangkutan kepada kepala sekolah ataupun dinas pendidikan terkait supaya guru tersebut mendapatkan sanksi.

e.      Saya akan membisu saja alasannya yaitu hal tersebut merupakah tanggung jawab kepala sekolah.

Sekian post mengenai Soal dan Jawaban UP PPG kompetensi kepribadian dan sosial, semoga ada keuntungannya bagi para pembaca. Amin

Lihat juga: 5 FAKTOR PENYEBAB TIDAK LULUS UP PPG

Kunci Jawaban

1. A
2. B
3. A
4. B
5. B
6. A
7. C
8. A
9. B
10. A
11. A
12. A
13. A
14. B
15. B
16. B
17. C
18. A
19. B
20. A

DOWNLOAD PERANGKAT PEMBELAJARAN SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI 2018 (LENGKAP SEMUA TEMA)

Comments

Popular posts from this blog

K13 : Kumpulan Teladan Judul Rancangan Aktualisasi Latsar Cpns Terbaru !!!

K13 : Rpp Matematika Kelas 6 Semsester 2 K13 Revisi 2018

K13 : Rpp Seni Budaya (Sbk) Kelas 7 Smp/Mts Kurikulum 2013