K13 : 30+ Tips Cara Mencar Ilmu Yang Efektif Baik Dan Benar Menghadapi Ujian



Belajar yang efektif ialah proses berguru mengajar yang berhasil guna, dan proses pembelajaran itu bisa memperlihatkan pemahaman, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu / kualitas yang lebih baik serta sanggup memperlihatkan perubahan sikap dan sanggup diaplikasikan atau diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga hasil dari pembelajaran itu akan sanggup menghasilkan sumber daya insan yang unggul.

Dan untuk mencapai berguru yang efektif tentu saja dalam proses belajarnya harus dilakukan dengan baik dan benar. Berikut ini ialah tips dan trik berguru yang baik dan benar :


1. Belajar Kelompok


Belajar kelompok menjadi salah satu cara berguru yang paling efektif, lantaran kita bisa berguru bersama dengan teman-teman yang mempunyai kebutuhan berguru yang sama dengan kita, selain itu kita sanggup saling mengisi ihwal pelajaran yang belum dipahami

Belajar kelompok akan lebih efektif lagi bila mengajak sahabat yang berakal dan rajin berguru biar yang tidak berakal jadi ketularan pintar. Dalam berguru kelompok kegiatannya ialah membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok berguru baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru.

2. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran

Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibentuk catatan di kertas atau buku kecil yang sanggup dibawa kemana-mana sehingga sanggup dibaca di mana pun kita berada. Manfaat dari mencatat juga sangat penting untuk menyimpan pelajaran dalam bentuk goresan pena biar kita praktis membukanya dikala kita lupa pelajaran tertentu

3. Membuat Perencanaan Yang Baik

Untuk mencapai tujuan yang diinginkan haruslah dimulai dengan perencanaan yang baik pula, begitupun dengan belajar, biar hasil berguru kita sanggup maksimal maka hasru dibuatkan perencanaan
Perencanaan sanggup dilakukan dengan menandai mata pelajaran atau suatu topik/Bab dalam satu mata pelajaran yang mana kita lemah di dalamnya, biar berguru kita tertarget dan lebih terarah

4. Disiplin Dalam Belajar

Dalam berguru sangat perlu yang namanya disiplin atau tepat waktu/ mengatur waktu dengan baik, bukan sebaliknya malah kita yang di atur oleh waktu. Jika waktu berguru datang maka pergilah belajar, bila waktu bermain pergilah bermain, lantaran bermain itu perlu biar tidak stress lantaran berguru berlebihan.
Yang kurang tepat bila kita berguru sambil bermain, maka konsentrasi kita akan terpecah sehingga kita akan kesulitan memahami pelajaran yang kita pelajari, olehnya itu sesudah menciptakan jadwal berguru maka jalankanlah dengan penuh rasa disiplin dan tanggung jawab
Jika bermain video game sebaiknya pilih game yang mendidik dan tidak menimbulkan rasa ingin tau yang tinggi ataupun rasa kekesalan yang tinggi bila kalah.

5. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya

Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, sahabat atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Pada dikala bertanya, maka bertanyalah hal yang memang belum anda ketahui yah ! jangan bertanya yang sifatnya menguji pemahaman orang lain.
Tawarkan juga kepada sahabat anda untuk bertanya kepada anda terkait hal yang belum mereka mengerti ! lantaran semakin kita sering ditanya maka kita akan lebih praktis mengingat tanggapan dari pertanyaan tersebut.
Ingat ! ilmu itu akan hilang dengan sendirinya bila tidak diulang-ulang, salah satu cara untuk mengulang-ulang ialah dengan berguru kembali atau dengan cara tadi yaitu diajarkan kepada orang lain

6. Belajar Dengan Serius dan Tekun

Ketika berguru di kelas dengarkan dan catatlah hal penting yang guru jelaskan. Catat yang penting lantaran bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar dikala ulangan atau ujian. Tulislah dengan bahasamu sendiri, tidak mesti goresan pena harus manis lantaran hanya kau yang akan membacanya.
Jika ada waktu luang, maka sempatkanlah untuk membacanya, niscaya kau akan lebih praktis memahami dan mengingat kembali pelajaran tersebut

7. Hindari Belajar Berlebihan


Pada waktu ujian atau ulangan sudah erat biasanya kita akan panik bila belum ada persiapan, kita belum berguru apapun. Yang biasa kita lakukan ialah dengan berguru hingga larut malam / begadang (sistem kebut semalam) atau mungkin menciptakan contekan sebagai jalan pintas.
Tidurlah diwaktu yang tepat menyerupai biasanya, akan lebih manis bila kau tidur lebih awal dan kemudian berdiri lebih awal pula. Menurut penelitian, Waktu subuh ialah waktu yang terbaik untuk belajar, lantaran suara-suara bising belum terdengar sama sekali

8. Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan dan Ujian

Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian. Mencontek akan menciptakan mental kita lemah, mental krupuk, menjadi anak yang malas, terbiasa untuk curang dan berbohong sehingga kau akan cendrung untuk melaksanakan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan yang ada sebelumnya. Anggaplah dengan nyontek niscaya akan tertangkap berair guru dan mempunyai masa depan sebagai penjahat apabila kita melaksanakan kecurangan.

9. Jadilah Seorang Pemimpin. Latihlah rasa tanggung jawabmu.

Apabila guru memintamu untuk mengerjakan sesuatu menyerupai membersihkan kelas, jangan ragu untuk menerimanya. Ajak beberapa sahabat kelas dan pimpin mereka untuk membersihkan kelas bersama-sama.
Kamu harus tahu ! bila guru sudah bahagia denganmu maka pelajaran akan praktis kau pahami. Itu rahasianya

10. Mendengarkan Penjelasan Guru Dengan Baik.

Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru apabila kau mengetahui jawabannya. Jangan menunggu guru untuk memanggil kau untuk menjawab pertanyaan.

11. Jangan Malu Untuk Bertanya.

Selalu olok-olokan pertanyaan kepada guru apabila tidak mengerti ihwal sesuatu hal.

12. Kerjakan PR

Kerjakan PR kau dengan baik, jangan selalu mencari alasan untuk menunda mengerjakannya atau bahkan tidak mengerjakan sama sekali, atau bisa jadi kau mengandalkan sahabat untuk mengerjakan dan sesudah itu kau tinggal mencontek. Hal itu sama sekali malah akan menciptakan kau akan semakin tertinggal sobat.
Fungsi dari PR itu untuk melatih kau mengerjakan soal-soal serupa dengan ujian.

13. Selalu Mengulang Pelajaran yang Sudah diajarkan

Menurut penelitian, pelajaran yang telah kita pelajari akan hilang atau dilupakan dalam waktu 7 hari bila tidak dipelajari kembali, olehnya itu kalian harus mengulang pelajaran di rumah yah

14. Cukup Istirahat, Makan Dan Bermain

Semuanya dilakukan secara berimbang. Setelah pulang sekolah, kita sering ingin cepat-cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya, misalnya makan dan istirahat. Padahal sesudah seharian di sekolah, tak terasa tubuh kita membutuhkan masukan energi tambahan yang bisa didapatkan dari istirahat dan masakan yang kita makan. Oleh karenanya kita harus sanggup membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermain. Kalau semuanya dilakukan dengan baik, tubuh jadi segar setiap hari! Makara tidak sering mengantuk di kelas!

15. Banyak Berlatih Pelajaran Yang Kurang Disukai

Apabila kau tidak menyenangi suatu mata pelajaran, misalnya matematika, maka banyak-banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau berguru berkelompok dengan teman. Sehabis berguru bisa bermain dan menambah sahabat gres di daerah kursus. Selain itu, bisa jadi kau yang dulunya kurang menyukai matematika, kalian malahan menyukainya.

16. Ikutilah Kegiatan Ektrakurikuler Yang Kamu Senangi

Belajarlah hal lain di luar sekolah yang kau senangi sob ! Contohnya apabila kalian suka pelajaran tae kwon do, cobalah untuk mengikuti kursus dari acara tersebut, sehingga selain berguru pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, kalian juga sanggup mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah.

17. Cari Seorang Pembimbing Yang Baik

Orangtua ialah pembimbing yang terbaik selain guru. Apabila ada yang kurang terang dari keterangan guru di sekolah, kalian sanggup menanyakan hal tersebut kepada orang tua. Selain itu, kalian juga sanggup berguru dari sahabat yang peringkat di kelas. Kalau perlu traktir ia deh biar ia mau mengajari kamu. hehhe

18. Jangan Suka Mencontek Teman


Kalau mencontek, kau bisa udik lantaran tidak berpikir sendiri. Lagipula belum tentu, sahabat yang kau contek itu menjawab pertanyaan dengan benar. Belum lagi kalau tertangkap berair guru dan sahabat lain, aib kan? Kalau kau rajin belajar, niscaya bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar sehingga ulangan sanggup nilai baik.

19. Niat Dengan Sungguh-Sungguh

Kalau berguru tidak sungguh-sungguh ataupun tidak niat, yang ada malah pikiran kita melayang kemana-mana. Entah itu ihwal makanan, games, lawan jenis, dll. Oleh alasannya itu, berguru yang baik dimulai dengan niat yang sungguh-sungguh.

20. Lokasi dan Situasi Yang Kondusif

Jikalau kita belajar, mustahil kalau kita lakukan di tengah jalan raya? Ataupun ketika kita sedang makan. Cara berguru paling efektif ialah mencari daerah yang aman, nyaman dan tidak terlalu banyak gangguan menyerupai bunyi bising kendaraan biar kita bisa lebih konsentrasi.

21. Hindari Sikap Tidak Jujur

Mencontek tidak akan membuatmu sukses sama sekali, bahkan akan memperburuk keadaanmu, apalagi bila hingga ketahuan. Olehnya itu terbiasalah untuk jujur ! Negeri kita sudah terlalu banyak orang pintar, tapi yang jujur sangat kurang

22. Metode Imitasi

Proses berguru sanggup berjalan dengan baik dengan memakai metode imitasi atau meniru. Metode ini di realisasikan ketika seorang menggandakan orang lain atau gurunya, metode ini sering di gunakan anak kecil untuk melafal kata bahasa dari orang tuanya, Begitu juga bila ia menggandakan aneka macam perilaku,etika dan tradisi

23. Trial and Error

Manusia juga berguru dari eksperimen pribadi.dia akan berusaha secara berdikari untuk memecahkan problem yang di hadapi.terkadang beberapa kali ia melaksanakan kesalahan dalam memecahkan masalah, namun ia juga beberapa kali mencoba untuk melakuakan kembali. Sampai pada hasilnya ia bisa untuk menuntaskan permasalahan dengan benar.

24. Conditioning

Manusia bisa berguru dengan pengkondisian. Seseorang sanggup dikatakan berguru dengan cara pengkondisian bila ada stimulun dari indrawi yang merangsangnya. Ketika itulah seseorang menanggapi stimulus tersebut. Tanggapan yang ia berikan ialah suatu respon yang juga di barengkan dengan stimulus netral. Kemudian respon menyertai stimulus netral itu akan di ulang beberapa kali.

Setelah di lakukan pengulangan beberapa kali, kita akan menjumpai bahwa stimulus netrsl bisa memperlihatkan respon dengan sendirinya sekalipun stimulus indrawi sudah tidak ada lagi.contoh klasi yang dilakukan psikolog Rusia Ivan pavlov dalam experimennya yang cukup masyur. Dia membunyikan lonceng (stimulus netral) pada waktu ia meletakkan sedikit masakan di lisan anjing (indrawi).biasanya, bila masakan itu di letakkan di deapn lisan anjing maka anjing tersebut akan meneteskan air liur (respon).dengan demikian air liur berbarengan dengan bunyi lonceng.

Ketika hal ini di ulangi beberapa kali, maka peneliti mencoba untuk membunyikan lonceng tidak meletakkan masakan pada lisan anjing tersebut. Maka hasilnya anjing tersebut tetap meneteskan air liur ketika ia mendengar bunyi lonceng, sebuah respon gres yang belum pernah dialami oleh anjing. Sekarang anjing tersebut merespon bunyi lonceng dengan meneteskan air liurnya.padahal sebelum di lakukan eksperimen anjing tersebut tidak meneteskan air liur kalau hanya mendengar bunyi lonceng.

25. Metode Berpikir

Proses berguru juga bisa berjalan tepat dengan melalui metode berpikir, dengan metode ini seseorang sering kali bisa menuntaskan problem hidupnya, ia akan memilki kesamaan dan apa saja yang tidak mempunyai kemiripan. Dengan demikian ia akan bisa menarik kesimpulan, dengan pilihan tersebut. Maka intinya berilah bawah umur kita pertanyaan yang berdasarkan ia mudah, dengan demikian anak tersebut akan selalu terlatih untuk berguru dan berpikir.

26. Mulailah Dari yang “Kecil”

Mulailah berguru dari topik yang paling anda kuasai / gampang. Setelah itu barulah dilanjutkan dengan topik yang lebih sulit. Hal ini dimaksudkan biar kita tidak pribadi down dan frustasi bila mengerjakan soal-soal sulit terlebih dahulu.

27. Sering-seringlah “Practice”

Latihan dan latihan itulah kunci untuk mahir dalam suatu mata pelajaran. Semakin banyak anda mengerjakan dan memahami soal semakin terbiasa pula anda dalam mengerjakannya.

28. Fokus

Ketika belajar, kita dituntut untuk serius. Jangan setengah hati. Karena pikiran kita tidak sanggup melaksanakan atau memikirkan beberapa acara dalam satu waktu.

29. Mohon Bimbingan-NYA

Jangan lupa banyak-banyak berdoa. Karena selain dari nilai spiritual yang didapatkan, hal tersebut sanggup menciptakan kita lebih fokus ketika berguru dan sanggup menciptakan pikiran kita lebih damai lantaran semuanya disandarkan kepada Allah SWT..

30. Menggunakan Media dan Sumber-Sumber Yang Relevan

Jika kita hanya memakai 1 buku sebagai materi patokan untuk belajar. Apapun hasil yang kita sanggup belum tentu maksimal. Untuk itulah, cobalah untuk mencari-cari hal yang terkait kita pelajari dengan memakai Sumber dan Media yang sudah ada. Kita bisa mencarinya dengan memakai Internet, Koran, Buku lain, Majalah, dan lain-lain. Tentu kita juga tidak mau ilmu yang kita sanggup hanya segitu saja lantaran hanya mempunyai 1 buku atau sumber yang tidak lengkap. Untuk itulah, Sumber dan Media hanyalah sebagai komplemen dalam berguru yang baik dan benar.

Sekian post mengenai 30+ TIPS Cara Belajar Yang Efektif Baik dan Benar Menghadapi Ujian, semoga bermanfaat !

Comments

Popular posts from this blog

K13 : Kumpulan Teladan Judul Rancangan Aktualisasi Latsar Cpns Terbaru !!!

K13 : Rpp Seni Budaya (Sbk) Kelas 7 Smp/Mts Kurikulum 2013

K13 : Aktivitas Pelajaran Tematik Kelas 6 Sd/Mi Kurikulum 2013