K13 : Download Laporan Rancangan Aktualisasi Latsar Cpns Guru 2019

Perhatian : Lihat Tampilan Melalui Dekstop, Laptop, Notebook, PC atau Komputer untuk tampilan yang lebih baik (versi mobile mungkin menciptakan hukum ngadminan tidak nyaman)


LAPORAN AKTUALISASI DAN HABITUASI NILAI-NILAI DASAR ASN

MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SDN NO.21 BATANGLAMPE KEC.PULAU SEMBILAN KAB.SINJAI MELALUI KEGIATAN LITERASI



                                                  Nama : Wahyunita, S.Pd
                                                  NIP : 1993070220192019
                                                  Instansi         : SDN No. 21 Batanglampe
                                                  Jabatan         : Guru Kelas Ahli Pertama
                                                  NDH : 11



PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
KEMENTERIAN DALAM NEGERI
REGIONAL MAKASSAR

BAB II
DESKRIPSI ORGANISASI

A.     GAMBARAN UMUM ORGANISASI
SD  Negeri 21 Batanglampe ialah salah satu SD Imbas yang berada pada Kecamatan Pulau Sembilan Kab.Sinjai Provinsi. Sulawesi Selatan. SDN NO.21 Batanglampe secara geografis berada pada salah satu kawasan terpencil Kabupaten Sinjai yaitu tepatnya di Pulau Batang Lampe yang merupakan salah satu dari sembilan pulau yang ada di kabupaten Sinjai . 

SD Negeri No.21 Batanglampe  berdiri pada tahun 1972  oleh Pemerintah Kab.Sinjai. Dengan luas lahan 1043 m2 dan terdiri dari 6  bangunan  ruang kelas, 1 kantor guru, dan  1 WC.

SD Negeri No.21 Batanglampe  merupakan satu-satunya sekolah dasar yang berada di pulau Batanglampe yang mempunyai masyarakat yang rata-rata mata pencahariannya ialah nelayan dengan tingkat pendidikan yang masih tergolong rendah. Sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi SDN No.21 Batanglampe untuk lebih maju.

SD Negeri No.21 Batanglampe Kac.Pulau Sembilan dikala ini di nakhodai oleh bapak TAJUDDIN SAKKA,S.Ag selaku kepala sekolah  semenjak tahun 2014 hingga sekarang, dengan membawahi tenaga pendidik dan kependidikan  sebanyak 9 orang dengan perincian : (1) Guru Kelas 6 orang terdiri dari 3 PNS dan 3 NON PNS (2 )  Guru PJOK 1 orang Non PNS (4) Tenaga Perpustakaan 1 orang Non PNS dan  dengan kualifikasi pendidikan SI sebanyak 6 orang terdiri dari 3 PNS dan 3 Non PNS dan SPG 1 orang.

Pada tahun aliran 2018/2019 SDN No.,21 Batanglampe mempunyai penerima didik sbb :  36  Laki-laki   orang  dan wanita 47 orang ,  jumlah total penerima didik adalah  83 orang.dengan jumlah rombongan belajar  6 kelas. Manajemen yang diterapkan ialah administrasi partisipatif dengan melibatkan guru, komite dan stake holder sekolah,Pembiayaan sekolah bersumber dari pemberian pemerintah berupa BOS.

B.      VISI MISI ORGANISASI

v  Visi

Adapun visi dari SDN 21 Batanglampe Kec.Pulau Sembilan Kab.Sinjai yaitu :

“Terciptanya sekolah ramah anak, unggul dalam prestasi, berkarakter, berakar pada budaya bangsa, berwawasan lingkungan, menurut IMTAQ dan IMTEK”

v  Misi

Adapun visi dari SDN 21 Batanglampe Kec.Pulau Sembilan Kab.Sinjai yaitu :

1.         Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan kompetitif.

2.         Mendorong dan membantu penerima didik untuk mengenali potensi dirinya sehingga sanggup dikembangkan secara optimal.

3.         Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.

4.         Membudayakan kegiatan 7S, yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Semangat, Sepenuh hati pada seluruh warga sekolah.

5.         Menumbuhkan dan melestarikan budaya lokal.

6.         Menumbuhkan penghayatan terhadap aliran agama yang dianut sebagai landasan kearifan lokal dalam bergaul dan bertindak.

7.         Mengembangkan mutu kelembagaan dan manajemen.



BAB IV
CAPAIAN AKTUALISASI

Kegiatan 1
Kegiatan
Konsultasi dengan kepala sekolah
Waktu Pelaksanaan
Senin, 15 Juli – 17 Juli 2019
Tahapan Kegiatan
(Dokumentasi)





Deskripsi Kegiatan
Sebelum memulai kegiatan, pertama-tama saya menyiapkan konsep rancangan berupa catatan kegiatan yang akan dilakukan.,Kegiatan ini saya lakukan dengan teliti serta bersikap terbuka atas rancangan yang diajukan kepada pimpinan (Akuntabilitas) sehingga pimpinan sanggup mengerti dan paham terhadap rancangan yang akan saya ajukan. 

 Selanjutnya saya menghadap kepada pimpinan untuk memberikan konsep kegiatan yang akan dilakukan. Namun, sebelum menghadap kepada pimpinan pertama-tama saya mengetuk pintu kemudian saya memberikan maksud dan tujuan aku, selanjutnya saya meminta aba-aba atau persetujuan pimpinan dengan bertutur kata yang santun, sopan, ramah (Etika Publik). 

Selanjutnya pimpinan memperlihatkan aba-aba dan masukan serta persetujuan. Selanjutnya aba-aba dan masukan itu saya catat dalam sebuah notulen dengan cermat teliti dan penuh tanggungjawab (Akuntabilitas), sehabis itu mengulangi apa yang disampaikan oleh pimpinan untuk memastikan bahwa aba-aba dan masukan itu sudah benar untuk melanjutkan kegiatan ini. 

Persetujuan dari pimpinan ini dibuktikan dengan adanya surat persetujuan yang ditandatangani oleh kepala sekolah semoga kegiatan ini bisa terlakasna dengan baik, dan penuh kejelasan

Pelaksanaan kegiatan konsultasi dengan kepala sekolah SDN No.21 Batanglampe yang dilakukan ngadmin dengan menjelaskan rencana kegiatan literasi dalam rangka meningkatkan minat baca penerima didik di SDN 21 Batanglampe mendapat respon positif dari kepala sekolah.

Output/Hasil
Terlaksananya konsultasi dan mendapat aba-aba serta persetujuan dari pimpinan di buktikan dengan  adanya notulen serta surat dukungan dari pimpinan.
Keterkaitan dengan Substansi Mata Pelajaran

Pada dikala menyiapkan konsep rancangan, saya menyiapkannya dengan teliti serta bersikap terbuka atas rancangan yang diajukan kepada kepala sekolah (Akuntabilitas) 

kemudian saya memberikan konsep sekaligus meminta aba-aba atau persetujuan kepala sekolah dengan bertutur kata yang santun,, sopan, dan ramah (Etika Publik). Kemudian mencatat saran atau masukan tersebut dalam notulen secara teliti, cermat dan penuh tanggung jawab (Akuntabilitas).

Konstribusi Terhadap Visi dan Misi satuan pendidikan

Dengan melaksanakan konsultasi dengan kepala sekolah telah mewujudkan misi organisasi yang  yang ke-4 yaitu Membudayakan kegiatan 7S, yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun, Semangat, Sepenuh hati pada seluruh warga sekolah untuk mencapai visi Terciptanya sekolah ramah anak, unggul dalam prestasi, berkarakter, berakar pada budaya bangsa, berwawasan lingkungan, menurut IMTAQ dan IMTEK.


Selain itu, dengan terlaksananya konsultasi dengan atasan sanggup mewujudkan misi ke-7 organisasi yaitu mengembangkan mutu kelembagaan dan manajemen  untuk mencapai visi Terciptanya sekolah ramah anak, unggul dalam prestasi, berkarakter, berakar pada budaya bangsa, berwawasan lingkungan, menurut IMTAQ dan IMTEK.
Penguatan Nilai Organisasi
ketika saya melaksanakan kegiatan konsultasi dengan kepala sekolah maka saya telah melaksanakan penguatan terhadap nilai organisasi  yaitu bersahabat dan komunikatif. Rancangan kegiatan itu disampaiakn dengan memakai bahasa yang santun, sopan dan ramah.

Analisis Dampak
Dalam kegiatan konsultasi yang dilakukan ngadmin kepada pimpinan, mempunyai dampak positif diantaranya yaitu ngadmin sanggup memberikan gagasannya dengan baik, ngadmin mendapat pembelajaran perihal koordinasi yang baik dalam pemerintahan serta sanggup menjadi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dalam bersikap dan berperilaku dalam melaksanakan kiprah dan tanggung jawab di lingkungan organisasi.

Namun, kalau kegiatan ini tidak dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai dasar ASN yaitu Akuntabilitas dan Etika Publik. maka kegiatan ini tidak akan terealisasi dengan baik, dan bisa saja memperlihatkan dampak yang kurang  baik pula contohnya pimpinan bisa saja akan tersinggung dengan apa yang kita sampaikan. 

Adapun keterkaitan dengan substansi mata pembinaan yaitu nilai-nilai ANEKA yang harus dimiliki oleh setiap ASN dalam melaksanakan kiprah dan tanggungjawabnya yaitu :

ü  Akuntabilitas : sebelum menghadap kepada pimpinan hal yang pertama dilakukan yaitu menyiapkan konsep rancangan dengan teliti serta bersikap terbuka terhadap rancangan tersebut. Dan apabila nilai akuntabilitas ini tidak dilaksanakan maka ngadmin bisa saja dikala berkonsultasi akan kebingungan memberikan hal apa yang akan dilakukannya dan pimpinan tidak akan paham terhadap apa yang akan kita sampaikan.

ü  Etika Publik : Jika menghadap kepada pimpinan (Kepala satuan pendidikan) tidak menerapkan sikap sopan, ramah, dan tutur kata yang santun, maka akan mendapat respon kurang baik contohnya pimpinan akan tersinggung sehingga pimpinan tidak akan memperlihatkan dukungan atas kegiatan yang akan dilakukan.

Kegiatan 2
Kegiatan
Membuat Pojok Baca
Waktu Pelaksanaan
18 Juli – 27 Juli 2019
Tahapan Kegiatan (Dokumentasi)

Deskripsi Kegiatan
Dalam pembuatan pojok baca, hal yang utama yang harus dilakukan ialah menciptakan desain pojok baca yang kreatif dan inovatif (Komitmen Mutu). 

Desain Kegiatan ini dilakukan semoga bisa menarik minat baca penerima didik. Kemudian hasil desain tersebut dicetak supaya desain tersebut terang dan memudahkan ngadmin dalam desain. Kemudian menyiapkan ruangan kelas, buku literatur, gambar atau media, karpet, meja kecil serta materi dan alat yang akan dipakai untuk menciptakan rak buku. 

Kelas yang saya gunakan ialah ruang kelas 2 dan rak buku yang saya gunakan ialah rak buku dari barang bekas yang ramah lingkungan yaitu bambu. Persiapan sarana, prasarana, serta alat dan materi ini saya lakukan dengan cermat dan teliti (Akuntabilitas)

alat dan materi berupa Rak bambu, media atau gambar serta buku literatur saya tata dengan rapi di pojok kelas. Rak buku di pasang di dinding, selanjutnya media atau gambar di tempel dan dihias dengan rapi dan semenarik mungkin, selanjutnya buku literatur ditata pada rak buku (Komitmen Mutu). 

Selanjutnya memasang karpet dan meja kecil di pojok baca. Setelah pojok baca terbentuk, sebelum pelajaran di mulai guru ).. selanjutnya mendampingi penerima didik membaca di pojok baca selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai. 

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab guru dalam kegiatan tersebut serta menjaga kedisiplinan penerima didik sebelum berguru dimulai. kemudian penerima didik menciptakan ringkasan bacaan atau intisari bacaan yang telah di baca kemudian guru menanyakan mengenai bacaan yang telah dibaca dengan penuh tanggung jawab (Akuntabilitas).

Output/Hasil
terbentuknya pojok baca dalam ruang kelas

Keterkaitan dengan Substansi Mata Pelajaran
Saya mendesain pojok baca dengan kreatif dan inovatif kemudian mencetak hasil desain tersebut (Komitmen Mutu) agar memudahkan ngadmin dalam proses desain

Kemudian Saya menyiapkan ruang kelas, buku literatur, gambar atau media, karpet, meja kecil serta materi dan alat yang akan dipakai untuk menciptakan rak buku dengan cermat dan teliti (Akuntabilitas).

selanjutnya mendampingi penerima didik membaca di pojok baca selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab guru dalam kegiatan tersebut serta menjaga kedisiplinan penerima didik sebelum berguru dimulai. 

 kemudian penerima didik menciptakan ringkasan bacaan atau intisari bacaan yang telah di baca kemudian guru menanyakan mengenai bacaan yang telah dibaca dengan penuh tanggung jawab (Akuntabilitas).

Konstribusi Terhadap Visi dan Misi satuan pendidikan
Dengan terbentuknya pojok baca dalam kelas maka akan mewujudkan misi ke-1  organisasi  yaitu melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif

Dengan terbentuknya pojok baca dalam kelas maka akan mewujudkan misi  ke-3  organisasi  menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.

untuk mencapai visi Terciptanya sekolah ramah anak, unggul dalam prestasi, berkarakter, berakar pada budaya bangsa, berwawasan lingkungan, menurut IMTAQ dan IMTEK.

Penguatan Nilai Organisasi
Ketika saya melaksanakan kegiatan yaitu menciptakan pojok baca maka saya telah melaksanakan penguatan nilai organisasi yaitu efektif, efisien, kreativ dan inovatif

Analisis
Dampak
Jika kegiatan ini tidak dilaksanakan dengan menerapkan nilai ANEKA ASN yaitu kesepakatan Mutu, Akuntabilitas, maka kegiatan ini tidak bisa terealisasi dengan baik dan berdampak negatif bagi instansi . berikut klarifikasi mengenai nilai ANEKA tersebut apabila tidak diterapkan :

ü  Akuntabilitas : sebelum memulai kegiatan hal pertama yang dilakukan yaitu  menyiapkan sarana, prasarana serta materi dan alat yang akan dipakai dengan cermat dan teliti sehingga kegiatan terealisasi dengan baik. Apabila nilai akuntabilitas ini tidak terealisasi dengan baik maka akan berdampak pada ngadmin akan mengalami kesulitan dikala menciptakan pojok baca.

ü  Komitmen Mutu : melaksanakan kegiatan ini dengan kreatif dan inovatif semoga bisa merangsang minat penerima didik untuk gemar membaca. Apabila nilai kesepakatan mutu ini tidak dilaksanakan maka kegiatan pojok baca ini tidak bisa terbentuk dengan baik dan menarik.


Kegiayan 3
Kegiatan
Melakukan kunjungan di Perpustakaan
Waktu Pelaksanaan
29 Juli -3 Agustus 2019
Tahapan Kegiatan (Dokumentasi)




Deskripsi Kegiatan
Saat melaksanakan kegiatan ini, ngadmin mensosialisasikan kepada guru/wali kelas dengan bersifat terbuka terhadap kegiatan yang akan dilakukan (Akuntabilitas). 

ngadmin memperlihatkan pemahaman kepada guru kelas perihal pentingnya melaksanakan kegiatan tersebut, dimana guru kelas diminta untuk ikut serta dalam berpartisipasi mendampingi kegaiatan tersebut. 

 Selanjutnya meminta izin kepada petugas perpustakaan dengan bersikap ramah dan sopan (Etika Publik) semoga kegiatan yang akan dilakukan mendapat respon positif dari petugas perpustakaan. 

Selanjutnya, menciptakan aktivitas kunjungan dan daftar hadir semoga kegiatan ini bisa terealisasi secara efektif dan efisien (Komitmen Mutu). 

Selanjutnya mengawasi dan mendampingi kegiatan yang dilakukan oleh penerima didik. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab atas kegiatan yang dilakukan (Akuntabilitas)

.Output/Hasil
Terlaksananya kunjungan ke perpustakaan sekolah

Keterkaitan dengan Substansi Mata Pelajaran
Pada dikala aku, mensosialisasikan kepada wali kelas saya menyampaikannya dengan bersikap  terbuka terhadap kegiatan yang akan dilakukan dan mendampingi kegiatan yang dilakukan oleh penerima didik dengan penuh tanggung jawab (Akuntabilitas)

 Selanjutnya meminta izin kepada petugas perpustakaan dengan bersikap ramah dan sopan (Etika Publik). 

kemudian saya menciptakan aktivitas kunjungan dan daftar hadir yang efektif dan efisien (Komitmen Mutu) .

Konstribusi Terhadap Visi dan Misi satuan pendidikan
Dengan terlaksananya kunjungan ke perpustakaan akan mewujudkan misi ke-1 organisasi yaitu melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan dan kompetitif

untuk mencapai visi Terciptanya sekolah ramah anak, unggul dalam prestasi, berkarakter, berakar pada budaya bangsa, berwawasan lingkungan, menurut IMTAQ dan IMTEK.

Penguatan Nilai Organisasi
Ketika saya melaksanakan kegiatan yaitu melaksanakan kunjungan ke perpustakaan sekolah maka saya telah melaksanakan penguatan terhadap nilai organisasi yaitu rasa ingin tahu dan Gemar Membaca.

Analisis Dampak
Pada kegiatan kunjungan ke perpustakaan ini, terdapat beberapa nilai yang terkait yakni Akuntabilitas, Etika Publik, dan Komitmen mutu.

ü  Akuntabilitas : kalau ngadmin tidak memberikan kegiatan ini secara terbuka serta tidak melaksanakan kegiatan ini dengan penuh tanggung jawab maka kegiatan ini tidak bisa terlaksan dengan baik alasannya ialah kurangnya dukungan dari guru maupun petufgas perpustakaan.

ü  Etika Publik : kalau ngadmin meminta izin kepada petugas berpustakaan dengan tidak bersikap ramah, sopan dan santun maka ngadmin mungkin saja akan mengalami hambatan akhir kurangnya respon dari petugas. Oleh alasannya ialah itu, kita harus menjaga susila dalam bergaul dengan sesama.

ü  Komitmen mutu : kalau ngadmin tidak menciptakan aktivitas secara efektif dan efisien, kegiatan ini tidak akan berhasil dengan baik. Karena penerima didik akan merasa resah tidak adanya aktivitas yang jelas.

unduh BAB IV

Sekian post mengenai DOWNLOAD LAPORAN RANCANGAN AKTUALISASI LATSAR GURU 2019, semoga bermanfaat

unduh juga File lainnya !

BAB V
Matriks Kegiatan
Mentor
Power Point (Hubungi Admin) atau melalui kolom komentar !

Lihat juga: unduh Laporan Aktualisasi LATSAR Forjab Guru Kelas

Tersedia juga file Power Point untuk presentasi, silakan hubungi admin, atau meninggalkan komentar ! Terima kasih

Lihat juga: Kumpulan Judul Laporan Aktualisasi LATSAR CPNS


Comments

Popular posts from this blog

K13 : Kumpulan Teladan Judul Rancangan Aktualisasi Latsar Cpns Terbaru !!!

K13 : Rpp Seni Budaya (Sbk) Kelas 7 Smp/Mts Kurikulum 2013

K13 : Rancangan Aktualisasi Latsar Cpns Tenaga Kesehatan (Dokter)