K13 : Laporan Aktualisasi Latsar Cpns Guru Tik
Perhatian : Lihat Tampilan Melalui Dekstop, Laptop, Notebook, PC atau Komputer untuk tampilan yang lebih baik (versi mobile mungkin menciptakan hukum ngadminan tidak nyaman)
DESKRIPSI ORGANISASI
Sekian post mengenai Laporan Aktualisasi LATSAR CPNS Guru TIK, semoga bermanfaat !
unduh Juga : Laporan Aktualisasi Latsar Forjab Guru 2019
Silakan meninggalkan komentar kalau ada yang ingin ditanyakan !
LAPORAN AKTUALISASI DAN HABITUASI NILAI-NILAI DASAR ASN
OPTIMALISASI PENGGUNAAN SMARTPHONE UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU
DI Sekolah Menengah Pertama NEGERI 16 SINJAI
PELATIHAN DASAR CPNS GOLONGAN III ANGKATAN I
OLEH;
ANDI ZUL QADRI, S.Pd
NIP. 19940301 201903 1 009
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
KEMENTRIAN DALAM NEGERI REGIONAL MAKASSAR
TAHUN 2019
KATA PENGANTAR
بِسْÙ…ِــ اللهِ الرَّØْÙ…َÙ†ِ الرَّØِÙŠْمــِ
Penulis panjatkan puji dan syukur kepada Allah yang telah menawarkan kekuatan dan kemampuan kepada ngadmin, Rasulullah yang menjadi suri tauladan dan inspirator terbaik sepanjang masa sehingga sanggup menuntaskan rancangan kegiatan aktualisasi nilai-nilai dasar ANEKA dengan segala keterbatasan yang ngadmin miliki. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa rancangan ini masih jauh daripada kesempurnaan, alasannya yaitu itu segala macam bentuk saran, perbaikan dan masukan biar rancangan ini sanggup berhasil dengan baik sangatlah ngadmin harapkan. Kepada Ibu Nasibah selaku mentor ngadmin dan Bapak H. Rustam selaku coach dalam kegiatan ini, ngadmin juga mengucapkan banyak terimakasih atas bimbingan dan instruksi selama bimbingan dalam kegiatan ini.
Semoga laporan yang telah ngadmin buat ketika ini bermanfaat. Besar harapan dan do’a dari ngadmin, segala hal yang menjadi tujuan dari kegiatan ini sanggup berhasil dengan baik.
Makassar, Agustus 2019
Penulis
BAB II
DESKRIPSI ORGANISASI
1.1. Gambaran Umum
1.1.1. Sejarah
SMP Negeri 16 Sinjai sebelumnya berjulukan SMPN 2 Sinjai Barat bangun pada tahun 1986, terletak di Desa Boto Lempangan, Kecamatan Sinjai Barat, kabupaten Sinjai. Pertama kali penerimaan peserta didik gres pada tahun 1987. Selama 33 tahun sejak didirikannya, sekolah ini telah mengalami pergantian Kepala satuan pendidikan sebanyak delapan kali yakni Drs. Syamsuddin Patu (1987-1989), Muh. Iskandar Mide, B.A (1989-1999), Drs, Harum Masruni (1999-2000), Drs. Haripuding (2001-2002), Arifudding Dg Mallongi (2002–2005), Hj. Sirman, S.Pd (2005-2007), Asgar, S.Ag (2007-2009) dan Abdul Asis, S.Pd (2009-sekarang). Sejak didirikan hingga skarang sekolah ini telah mengalami empat kali pergantian nama yakni Sekolah Menengah Pertama Arabika, SLTP 2 Sinjai Barat, Sekolah Menengah Pertama 2 Sinjai Barat dan Pada tahun 2019 mengalami perubahan nama menjadi Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai menurut Peraturan Bupati Sinjai.
1.2. Visi dan Misi Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai
1.2.1. Visi Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai
“Terwujudnya sekolah bermutu, cerdas, terampil dan berdikari berlandaskan iman dan taqwa
Visi ini menjiwai warga sekolah untuk selalu mewujudkannya setiap ketika dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah. Visi tersebut mencerminkan profil dan harapan sekolah yang tergambar pada uraian berikut:
a) berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian
b) sesuai dengan norma dan harapan masyarakat
c) ingin mencapai keunggulan
d) melahirkan peserta didik yang cerdas
e) membentuk peserta didik yang terampil dan mandiri
f) mendorong semangat dan kesepakatan seluruh warga sekolah
g) mendorong adanya perubahan yang lebih baik
h) mendorong warga sekolah yang riligius
Untuk mencapai visi tersebut, perlu dirumuskan misi yang berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan menurut visi tersebut
1.2.2. Misi Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Barat
1) Melaksanakan disiplin, sehingga tercipta Sumbaer Daya Manusia (SDA) patuh yang menghargai aturan-aturan.
2) Melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien.
3) Memberdayakan guru dan tenaga kependidikan lainnya, sehingga menjadi guru/pegawai profesional dalam melaksanakan tugas-tugasnya.
4) Menumbuhkan penghayatan terhadap fatwa agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
5) Menyediakan dan memamfaatkan sarana dan prasarana secara maksimal
6) Melaksanakan pelatihan-pelatihan sehingga sanggup melahirkan SDM berbakat, kreatif serta inovatif.
7) Mendorong dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memfasilitasi terjadinya kolaborasi dan komunikasi dengan stakeholder pendidikan.
8) Melaksanakan manajemen sekolah yang memadai sehingga sanggup memenuhi kebutuhan administrasi.
9) Menciptakan kesehatan sekolah yang asri, sehingga terasa kenyamanan dalam melaksanakan acara di sekolah.
10) Menciptakan guru dan pegawai yang memahami teknologi info dan komunikasi
BAB IV
CAPAIAN AKTUALISASI
Kegiatan 1
Kegiatan | Berkonsultasi dengan atasan (Kepala satuan pendidikan) terkait judul rancangan aktualisasi yang akan dilaksanakan. |
Waktu Pelaksanaan | Senin 15 Juli 2019 |
Dokumentasi Kegiatan | |
Capaian Kegiatan | Telah dilakukan kegiatan berkonsultasi dengan atasan (Kepala satuan pendidikan) terkait judul rancangan aktualisasi yang akan dilaksanakan sekaligus meminta instruksi dan petunjuk terkait kegiatan yang akan dilaksanakan. |
Tahapan Kegiatan | • Membuat konsep terkait dengan rencana kegiatan aktualisasi yang akan dilaksanakan • Membahas rencana kegiatan yang akan di lakukan • Mencatat hasil dari persetujuan kepala sekolah |
Outpu/Hasil | Terlaksananya konsultasi dengan atasan (Kepala satuan pendidikan) |
Keterkaitan Substansi Mata Pelajaran | • Untuk melaksanakan konsultasi dengan atasan, seorang ASN harus memakai bahasa yang baik, sopan dan santun, serta terstruktur dan sistematis, maka dari itu diharapkan pembuatan konsep biar sanggup mengutarakan maksud dengan terperinci dan gampang di pahami, (Etika Publik) • Secara transparant dalam memberikan gagasan kepada atasan terkait rencana kegiatan yang akan dilakukan selama proses aktualisasi dan habituasi di kawasan kerja. Dan sehabis mendapatkan instruksi dari atasan kemudian menindaklanjuti instruksi tersebut dengan penuh tanggung jawab. (Akuntabilitas) • Melakukan kegitan dengan mengedepankan orientasi mutu dan inovasi (Komitmen Mutu) |
Kontiribusi Terhadap Visi dan Misi Organisasi | Sikap sopan dan santun ketika konsultasi kepada atasan mewujudkan misi sekolah yang ke 4 yaitu “Menumbuhkan penghayatan terhadap fatwa agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak” |
Pengutan Nilai Organsasi | Kegiatan berkonsultasi dengan atasan menawarkan penguatan terhadap nilai organisasi 5 S yang ke 4 dan 5 yakni “Sopan dan Santun” dan budaya aib yg ke 8 yakni “Malu tidak bertatakrama dan tidak bersopan santun” |
Analisi Dampak | Jika kegiatan ini dilaksanakan tidak menjunjung tinggi nilai – nilai dasar ASN yaitu akhlak Publik, akuntabilitas dan Komitmen mutu maka ada kemungkinan kegiatan ini tidak terlakasan dengan baik dan lancar bahkan tidak menutup kemungkinan tidak terlaksana. Tanpa adanya perilaku sopan santun ketika menghadap atasan kemungkinan kegiatan ini tidak mendapatkan petunjuk bahkan persetujuan dari atasan. Dan dengan menyiapkan konsep terlebih dahulu sebelum menghadap ke atasan sanggup menciptakan konsultasi lebih terperinci dan terarah. |
Kegiatan 2
Kegiatan | Menetapkan tools dan aplikasi yang sanggup meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai |
Waktu Pelaksanaan | Selasa 16 Juli 2019 s/d Sabtu 20 Juli 2019 |
Dokumentasi Kegiatan | |
Capaian Kegiatan | Telah dilakukan kegiatan yaitu mengumpulkan tool dan aplikasi yang berpotensi meningkatkan kinerja guru, menganalisis fitur dan fungsinya, dan keudian menyeleksi menurut kemudahan cara memakai serta kelengkapan fitur sebelum tetapkan tools dan aplikasi yang akan dipakai dalam kegiatan. |
Tahapan Kegiatan | • Mengumpulkan tools dan aplikasi yang berpotensi untuk meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai • Menganalisis fitur dan fungsi dari aplikasi tersebut. • Menyeleksi menurut kemudahan memakai seta kelengkapan fitur. • Menetapkan tools dan aplikasi yang akan dipakai untuk meningktakan kinerja guru. • Membeli tools yang dapa membantu guru dalam mengakses media pembelajarannya melalui smartphone |
Outpu/Hasil | Tersedianya tools dan aplikasi yang akan dipakai untuk meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai |
Keterkaitan Substansi Mata Pelajaran | • Lebih memproritaskan Software Buatan Developer Dalam Negeri (Nasionalisme) • Melakukan seleksi tools dan aplikasi yang akan dipakai dengan berorientasi pada mutu, efektifitas dan efisiensi (Komitmen Mutu) |
Kontiribusi Terhadap Visi dan Misi Organisasi | Dengan tersedianya tools dan aplikasi pada smarthphone yang sanggup meningkatkan kinerja guru mewujudkan misi sekolah yang ke 5 yaitu “Menyediakan dan memamfaatkan sarana dan prasarana secara maksimal” |
Pengutan Nilai Organsasi | Kegiatan tetapkan tools ini menawarkan penguatan terhadap nilai organisasi budaya aib yang ke 4 yaitu “Malu bekerja tidak terproggram” |
Analisi Dampak | Dalam tetapkan tools dan aplikasi yang akan dipakai perlu dilakukan dengan teliti dan memperhatikan aneka macam aspek, muali dari kelengkapan fitur, kemudahan mengunakan, kelengkapan fitur, serta lisensi aplikasi, biar terkumpul aplikasi-aplikasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Jika proses pengumpulan, analisis serta menyeleksi aplikasi tidak terealisasi maka akan berdampak pada tidak tersedianya tool dan aplikasi yang akan meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai. |
Kegiatan 3
Kegiatan | Menginstal dan membuktikan cara pengguaan aplikasi |
Waktu Pelaksanaan | Senin 22 Juli 2019 s/d Sabtu 27 Juli 2019 |
Dokumentasi Kegiatan | |
Capaian Kegiatan | Kegitan menginstal dan membuktikan cara penggunaan tools dan aplikasi ke rekan mengajar telah dilaksanakan dengan menjungjung tinggi nilai-nilai akhlak publik yakni sopan dan santun |
Tahapan Kegiatan | • Melakukan instalasi aplikasi ke ponsel kawan-kawang pengajar • Menguraiakan fitur dan fungsi dari aplikasi yang akan digunakan • Menjelaskan cara pengguan tools dan aplikasi tersebut |
Outpu/Hasil | Terwujudnya pemahaman guru-guru terhadap fitur dan fungsi serta cara penggunaan tools dan aplikasi tersebut. |
Keterkaitan Substansi Mata Pelajaran | • Menyampaikan fitur, fungsi serta cara penggunaan aplikasi secara cermat, sopan dan bertanggung jawab (Etika Publik) • Dengan penuh tanggung jawab membuktikan kepada rekan guru fitur, fungsi serta cara peengguaan tools dan aplikasi yang di maksud secara jujur, transparant dan konsisten guna tercapainya sasaran yang di inginkan. (Akuntabilitas) • |
Kontiribusi Terhadap Visi dan Misi Organisasi | Dengan membuktikan fitur, fungsi fungsi serta cara penggunaan tools dan aplikasi pada smarthphone yang sanggup meningkatkan kinerja guru mewujudkan misi yang ke 6 yaitu “Melaksanakan pelatihan-pelatihan sehingga sanggup melahirkan SDM berbakat, kreatif serta inovatif.” |
Pengutan Nilai Organsasi | Kegiatan menginstal dan membuktikan cara penggunaan aplikasi ini memberikan penguatan terhadap nilai organisasi budaya aib yang ke 7 dan 8 yaitu “Malu bekerja tidak bertanggung jawab” dan “Malu tidak bertatakrama dan tidak bersopan santun” |
Analisi Dampak | Dalam melaksanakan kegiatan instalasi dan membuktikan fitur dan cara penggunaan aplikasi perlu dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai ANEKA yaitu Etika Publik dan Akuntabilitas. Jika memberikan fitur dan cara penggunaan aplikasi tidak secara sopan dan santun, maka akan mendapakan respon yang kurang baik dari kawan-kawan pengajar. Selain itu proses instalasi dan penyampaian fitur ini harus di sampaikan secara jujur, konsisten dan bertanggung jawab |
Kegiatan 4
Kegiatan | Melakukan simulasi terhadap tools dan aplikasi yang akan digunkanan |
Waktu Pelaksanaan | Senin 29 Juli 2019 s/d Sabtu 10 Agustus 2019 |
Dokumentasi Kegiatan | |
Capaiaan Kegiatan | Kegiatan simulasi pengguaan tools dan aplikasi yang sanggup meningkatkan kinerja guru ini telah dilaksanakan dengan inetgritas yang tinggi. Pendampingan simulasi cara penggunaan aplikasi telah terealisasi dengan memakai bahasa yang sopan dan santun. Kegiatan simulasi ini juga memperkenalkan kepada peserta didik bentu-bentuk penemuan yang dilakukan oleh gurunya dalam mengoptimalkan pengguaan smarthphone ke sisi positif. |
Tahapan Kegiatan | • Mengimput kalender pendidikan serta acara mengajar ke Aplikasi Google Calender • Silmulasi ketidakhadiran harian dengan menggukanan aplikasi Absensi satuan pendidikan-SiDisiplin • Melakukan Simulasi investigasi hasil ujian pilihan ganda dengan memanfaatkan kamera Smartphone sebagai scanner mengunakan aplikasi ZipGrade • Menguji coba Anycast sebagai device yang akan merefleksikan layar smarthphone ke proyektor • Membuat dokumentasi |
Outpu/Hasil | Teciptanya simulasi terhadap tools dan aplikasi yang sanggup meningkatkan kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Sinjai |
Keterkaitan Substansi Mata Pelajaran | • Membuat reminder guna meminimalisir (korupsi waktu) keterlambatan masuk ruangan kelas dikarenakan lupa acara mengajar. (Anti Korupsi) • Melakukan ketidakhadiran harian dengan derma smarphone guna meningkatkan transparansi, konsistensi serta tanggung jawab dalam menilai presentase kehadiran peserta didik (akuntabilitas) • Membuat inovasi dengan memanfaatkan kamera smarphone sebagai scanner untuk menyidik hasil ujian secara lebih efisien (Komitmen Mutu) |
Kontiribusi Terhadap Visi dan Misi Organisasi | Dengan terciptanya simulasi terhadap tools dan aplikasi smarphone yang sanggup meningkatkan kinerja guru maka akan mendukung misi sekolah yang ke 10 yaitu “ Menciptakan guru dan pegawai yang memahami teknologi info dan komunikasi” |
Pengutan Nilai Organsasi | Kegiatan melaksanakan simulasi ini memberikan penguatan terhadap nilai organisasi budaya aib yang ke 4 dan 7 yaitu “Malu bekerja tidak terproggram” dan “Malu bekerja tidak bertanggung jawab” |
Analisi Dampak | Kegiatan simulasi terhadap tools dan aplikasi smartphone yang sanggup meningkatkan kinerja guru ini sanggup berdampak pada meningkatnya pemahaman guru-guru perihal fitur dan fungsi serta cara penggunaan tools dan aplikasi. Dan apabila tidak dilaksanakan maka kemungkinan tools dan aplikasi ini tidak di implementasikan oleh kawan-kawan pengajar dikarenakan masih mengambangnya pengetahuan mereka mengenai fungsi dan cara penggunaan aplikasi |
Kegiatan 5
Kegiatan 5 | Melakukan Evaluasi |
Waktu Pelaksanaan | Senin 12 Agustus 2019 s/d Sabtu 17 Agustus 2019 |
Dokumentasi Kegiatan | |
Capaiaan Kegiatan | Kegiatan penilaian terhadap optimalisasi penggunaan smartphone untuk meningkatkan kinerja guru ini telah dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai ANEKA, yaitu pada ketika membagikan link koesioner dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan penggunaan media online dalam menciptakan koesioner meruakan bentuk penemuan biar kegiatan berjalan evektif dan evisien. |
Tahapan Kegiatan | • Membuat materi penilaian dengan memakai Microsoft Forms • Membagikan Link Microsoft Forms untuk evaluasi • Menkonsultasikan kepada atasan (Kepala satuan pendidikan) hasil evaluasi |
Outpu/Hasil | Terlaksananya penilaian kegiatan |
Keterkaitan Substansi Mata Pelajaran | • Adanya laporan penilaian keatasan sebagai bentuk pertanggung jawaban atas kegiatan yang dilaksakan (Akuntabilitas) • Mencari tau sejauh mana dampak dan efektifnya kegiatan menurut hasil ketercapaian output kegiatan (Komintem Mutu) |
Kontiribusi Terhadap Visi dan Misi Organisasi | Laporan penilaian kegiatan akan memperlihatkan sejauh manaefektifitas kegiatan yang dilaksanakan, hal ini berkontribusi pada misi yang ke 8 yaitu “Melaksanakan manajemen sekolah yang memadai sehingga sanggup memenuhi kebutuhan administrasi.” |
Pengutan Nilai Organsasi | Kegiatan penilaian ini menawarkan penguatan terhadap nilai organisasi budaya aib yang ke 7 yaitu “Malu bekerja tidak bertanggung jawab” |
Analisi Dampak | Kegiatan penilaian yang dilakukan dengan mengedepankan penemuan berdampak pada lebih evisien dan evektifnya proses penilaian dimana proses evalusi dilakukan dengan memanfaatkan Microsoft Form yang kemudian link nya di persingkat dan di convert menjadi kode QR untuk memudahkan penyebaran link ke kawan-kawan guru. |
unduh Juga : Laporan Aktualisasi Latsar Forjab Guru 2019
Silakan meninggalkan komentar kalau ada yang ingin ditanyakan !
Comments
Post a Comment